7 Cara Belanja Offline Yang Harus Kamu Tahu

Risa
0

7 Cara Belanja Offline yang Harus Kamu Tau


Sebagian besar dari kaum wanita sangat gemar belanja. Selain untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Belanja juga merupakan aktivitas yang dapat dikatakan sebagai hobi.


Ada dua macam sistem pembelanjaan baik secara offline atau melalui online. Belanja secara offline yaitu dengan datang langsung ke Mall, Swalayan, Pusat perbelanjaan maupun toko-toko terdekat.

Sedangkan belanja online bisa melalui media blog, website atau sosial networking. Cukup duduk santai di rumah sembari minum teh hangat kesukaan. Tanpa perlu repot-repot datang ke toko yang dituju.

Lain halnya dengan belanja secara offline. Kamu harus datang ke lokasi sehingga  memakan waktu banyak disana. Namun tidak dapat dipungkiri mengapa memilih belanja secara offline. Tujuannya agar kamu lebih leluasa dalam memilih barang sesuai keinginan dan dengan kualitas terbaik. Berikut ini 7 cara belanja offline yang harus kamu tau :

1. Pilih Waktu yang Tepat

Waktu yang sangat tepat ketika belanja adalah sekitar pukul 09.00 sampai 11.00 pagi. Mengapa demikian karena diwaktu-waktu tersebut merupakan jam kerja.  Belum banyak pembeli lain yang berkunjung sehingga memudahkan kamu belanja. Selain itu mood kamu juga masih fresh ketika memilih barang.

2. Bersikap Ramah

Pernah mendengar kalimat ini "Pembeli adalah Raja". Istilah tersebut tentunya tidak asing lagi bagi kamu. Bahwa pembeli layaknya seorang Raja yang kedatangannya harus dihormati. Maka sebagai penjual harus ramah kepada pembeli.
Akan tetapi bukankah sebagai Raja yang baik alias pembeli yang baik. Kamu juga harus bersikap ramah sedemikian mungkin. Karena hal ini sangat berkaitan dengan pelayanan yang akan diberikan oleh penjual. Agar nantinya penjual juga tidak akan segan-segan untuk melayani.

3. Tanyakan Produk-produk Baru

Tujuan belanja selain untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kamu juga harus tetap mengikuti trendy supaya tidak ketinggalan jaman. Jadi, jangan lupa untuk selalu menanyakan produk-produk keluaran terbaru saat ini. Atau bisa juga dengan menanyakan stok apa saja yang baru datang. Jangan sampai salah pilih stok ya?

4.  Meminta Pendapat Sang Penjual

Misalkan kamu sedang belanja baju tapi bingung mengenai fashion yang menarik dan trendy. Atau saat menentukan warna baju yang cocok untuk kulitmu. Kamu bisa meminta pendapat dari penjual.
Disini peran penjual sangat membantu
dalam penentuan warna dan model sesuai bentuk tubuh. Tidak hanya menjual dan menawarkan barang. Mereka yang sudah lama berkecimpung dalam dunia fashion ternyata juga handal tentang mix and match pakaian loh!

5.  Cek Produk yang Kamu Pilih

Sebelum tiba di meja kasir periksa kembali produk yang kamu pilih.
Contohnya, saat kamu membeli tas coba buka resletingnya apakah berfungsi dengan baik atau tidak.
Kemudian ketika membeli baju baru. Cobalah di kamar pas atau ruang ganti. Apakah baju tersebut pas dan pantas untuk kamu?
Atau misalkan kamu membeli barang elektronik. Mintalah kepada penjual supaya membuka segel dan mengeceknya dengan baik. Sehingga ketika tiba di rumah tidak menyesal nantinya.

6. Tanyakan Return-nya

Kamu tidak selamanya tau produk yang dibeli mutunya terjamin. Karena itu jangan lupa selipkan kalimat ini saat membeli.
"Bagaimana dengan barang yang rusak?" atau "Bagaimana jika terjadi return nanti?"
Biasanya dari pihak penjual akan membuat perjanjian. Seperti pengembalian  barang karena cacat fisik dengan batas waktu maksimal 2 hari.

7. Menawar Harga

Ini dia poin yang dinanti-nanti  membahas tentang harga. Ada toko-toko yang menggunakan sistem harga pas. Ada juga yang menawarkan diskon tertentu.
Jika kamu belanja di toko sistem harga pas. Tidak ada salahnya mencoba menawar harga. Dengan harapan mendapatkan minimal diskon 5 %. Tapi perlu diingat ketika sedang menawar harus dalam batas wajar. Paling tidak sebelum menawar kamu tau harga sesungguhnya produk tersebut.

Itulah beberapa cara belanja offline semoga bermanfaat.... 😉😊
Tags

Post a Comment

0Comments

Jika ada yang ingin disampaikan silahkan tulis komentar anda dengan bahasa yang sopan dan baik , admin berhak menghapus komentar yang tidak sesuai.

Post a Comment (0)