PERKENALKAN

Assalamualaikum sobat kkhtop sebelum kita membahas tentang review saya selama bekerja di PT HESED INDONESIA SEMARANG, saya terlebih dahulu memperkenalkan diri. Nama saya yaitu mas Kukuh, seorang lelaki yang selalu tampil sederhana dan apa adanya yang berasal dari kota Purbalingga. Mungkin cukup nama dan kota saja ya sobat perkenalannya.

PROFIL PT HESED INDONESIA

PT Hesed Indonesia - PT Hessed Semarang atau biasa disingkat dengan PT HSD merupakan sebuah perusahaan atau pabrik yang bergerak pada industri garmen. Skala yang dijangkau yaitu sudah standar ekspor atau internasional.

ALAMAT PT HESED INDONESIA

Pabrik garmen Hesed berlokasi di Jalan Muria masuk wilayah desa Gembongan - Karangjati - Bergas - Ungaran - Semarang - Jawa Tengah Indonesia. Selain itu juga bisa dikatakan terletak di kawasan industri karangjati karena ada 3 pabrik garmen di wilayah ini yaitu PT Hesed, PT Morich Indofashion dan PT Visionland.

PEMBAGIAN LINE KERJA

Kebetulan saya mendapat line kerja yaitu di line 11 sebagai operator sewing. Namun saya juga terkadang tidak hanya di Line 11 saja, justru saya sering ditempatkan di Line 10 kadang juga dipinjam oleh bagian Line lainnya. Jadi intinya tidak tetap posisi kerjanya alias berpindah pindah.

SUPERVISOR LINE 10 DAN 11 PT HESED SEMARANG

Untuk supervisor pada line 10 dan 11 yaitu seorang cowok. Nama beliau adalah Mas Ujang atau banyak yang memanggil beliau dengan sebutan (pakle). Saya pun terkadang ikut ikutan memanggil pakle. Mas Ujang masih muda menurut saya, beliau cukup baik hati dalam mengatur line 10 dan 11, saya sendiri cukup kerasan atau betah dengan kepemimpinan mas Ujang.

REVIEW KERJA

Saya menuliskan hasil review kerja sesuai apa yang saya alami, tulisan kami sesuai fakta. Untuk masalah pekerjaan awalnya saya cukup menikmati karena saya mendapat bagian kerja yaitu mengetek saku. Saya pun selalu tarjet dan selalu saya bertanggung jawab menyelesaikannya. Namun beberapa hari ini saya dipindahkan ke bagian pasang label. Kelihatannya si mudah akan tetapi pada bagian ini sangat rawan sekali dengan kesalahan. Dari cerita teman teman saya yang sudah lama bekerja disitu, harus ekstra teliti jika berada pada bagian pasang label.

Saya sendiri juga mengalaminya jadi bisa saya ceritakan melalui situs ini. Saya sangat bingung sebagai pemula atau orang baru. Saya terbiasa bekerja di garmen jahit ya tinggal njahit tapi kali ini berbeda. Pada bagian pasang label semua serba dilakukan sendiri. Dari mulai mengambil barang yang hendak dijahit sendiri, kemudian menentukan size apa yang akan dijahit itu juga sendiri, belum lagi menjahitnya terkadang rawan salah, ditambah lagi bagian proses setelah pasang label juga minta kita untuk menjahit cepat. Jujur saya merasa bingung sekali ditempatkan pada bagian ini.

Sebagai orang baru, saya selalu bertanya dengan sopan kepada karyawan lainnya yang lebih mengetahui proses pasang label tetapi terkada ada juga yang seperti ogah mau tahu apa yang saya keluhkan. Misalkan tanya ini
itu, saya malah bingung sendiri. Namanya orang baru pasti butuh waktu untuk belajar dan memahami sistem prosesnya itu pun tidak cukup satu hari bisa mengerti. Namun saya juga menyadari sebagai orang baru yang mungkin pertanyaan pertanyaan saya itu mengganggu atau merepotkan orang lain. Tapi mau bagaimana lagi namanya orang bingung kerja, kalaupun tanya ini itu juga wajar, bagi saya pribadi sih.

KESIMPULAN

Saya sebenarnya cukup senang dan nyaman bekerja di Line 11 PT Hesed, jika saya ditempatkan pada bagian yang sesuai kemampuan saya. Namun jika saya ditempatkan pada bagian yang tidak saya ngerti, menurut sobat kkhtop apakah saya bisa nyaman?? 

Oh iya selama saya bekerja di PT HESED saya pun berkenalan dengan orang orang yang baik terhadap saya, mereka sangat responsif dan familiar terhadap saya. Inilah daftar nama yang saya kenal line 10 dan Line 11.
⏳Mba Lisa (buang benang)
⏳Mba Siti (helper)
⏳Mba Viana (ngetek manset)
⏳Mba Vivi (pasang label)
⏳Mamah Indah (Line 11)
⏳Mba Diah (helper)
⏳Mba Nita (line 11)
⏳Mas Takim (line 11)
⏳Mba Surti (line 10)
⏳Mas Rifan / Irfan (obras line 11)
⏳Mas Fathu (line 11 depan)

Dan masih banyak lainnya yang tidak bisa saya tuliskan karena saya juga tidak tahu namanya. Wajahnya paham tetapi kalau nama saya kadang lupa dan tidak tahu.