Seru Acara Pengumuman Kelulusan Siswa Lpk Kartikagama | Kartika Gama Purbalingga Uji Kompetensi Menjahit Nasional 2019

Q2V
1

Pengumuman uji kompetensi nasional menjahit tata busana lpk Kartikagama Bancar Purbalingga dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 4 September 2019. Acara dilaksanakan bertempat di gedung milik kelurahan desa Bancar. Acara ini dimulai pada pukul 10.00 wib diluar rencana karena persiapan yang memakan waktu kurang lebih satu jam yang pada undangan rencana dilaksanakan pukul 09.00 wib.


Acara pengumuman kelulusan ini juga sekaligus untuk acara pembukaan dan penutupan pelatihan yang dilaksanakan pada waktu yang bersamaan.


Dalam persiapannya para siswa laki laki ikut berpartisipasi membantu proses persiapan yaitu seperti memasang spanduk atau baner, merapikan tempat, menata meja, menata kursi, dan menyiapkan sound system.


Setelah kurang lebih satu jam akhirnya persiapan pun selesai untuk tempatnya, semua sudah tertata rapi dan acara siap dimulai pada pukul 10.00 wib.

Acara dimulai dari lpk terlebih dahulu yaitu latihan paduan suara dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Latihan ini dilangsungkan di samping gedung lpk kartikagama. Setelah berlatih paduan suara selanjutnya seluruh siswa menuju ke kantor kelurahan Bancar dimana acara kelulusan ini diadakan.


Acara dihadiri oleh seluruh peserta pelatihan menjahit gelombang pertama 2019, seluruh pembina dan oficial lpk Kartika gama dan perwakilan dari dinas ketenagakerjaan pemerintah Purbalingga sebagai tamu kehormatan.


Acara pun dimulai dengan membaca bismillah terlebih dahulu semoga berjalan lancar. Sebagai moderator acara yaitu mba Veni pun menuntun jalannya acara.


Dalam acara tersebut terdapat beberapa sambutan sambutan dari pihak pihak terkait yaitu sambutan dari pihak lpk Kartikagama yang diwakilkan oleh ibu Inung ( Tri Nur Khasanah) kemudian juga ada sambutan dari pihak instansi atau dinas pemerintah.


Seluruh siswa atau peserta yang hadir pun ikut menyimak apa yang dibicarakan oleh para pihak yang sedang memberikan sambutan terhadap acara ini. Para siswa duduk dengan hikmah sambil menyimak apa apa yang disampaikan.


Selain itu juga ada sesi menyanyikan lagu nasional yaitu lagu yang berjudul Indonesia Raya. Seluruh hadirin pun dipersilahkan berdiri guna untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya secara bersama sama dengan penuh kekompakan.


Acara ditutup dengan pembacaan doa yang dibacakan oleh siswi peserta pelatihan menjahit yaitu saudari Fika (sift 2). Pembacaan doa dibacakan di depan seluruh hadirin yang menandakan acara telah usai dilangsungkan.


Setelah itu juga para hadirin yang mengikuti acara ini diberikan makanan snack oleh panitia penyelenggara. Setelah itu seluruh sampah yang ada pun dibersihkan karen acara telah selesai. Dari pihak dinas pemerintah pun pamit undur diri dengan bersalaman kepada para peserta / siswa dengan memberikan ucapan dan motivasi agar nantinya para siswa semangat dalam bekerja dan memanfaatkan ilmu yang sudah dipelajari.


Para siswa pun kemudian kembali ke gedung lpk kartikagama setelah mengikuti acara pembukaan dan penutupan pelatihan tata busana menjahit 2019 serta pengumuman kelulusan uji kompetensi nasional.


Sekitar pukul 11.30 wib seluruh siswa sudah berada kembali di lpk kartika gama. Kemudian ada jangka waktu untuk beristirahat sampai pukul 12.30 wib. Para siswa pun memanfaatkan waktu istirahat dengan membeli makan atau minuman, kumpul kumpul bersama ngobrol, ada juga yang ngegame online, ada juga yang ngerumpi dan ada juga yang sholat di masjid Aly, sebuah masjid yang letaknya dekat dengan lpk kartikagama.


Nampaknya waktu sudah menunjukan pukul 12.30 wib dan waktunya para siswa masuk ke dalam ruangan lpk kartikagama untuk mengikuti acara selanjutnya.


Para siswa seluruhnya dipersilahkan masuk oleh pihak lpk yaitu mba Veni. Ada sekitar 75 siswa yang ada yang terdiri dari sift 1 dan sift 2 bergabung dalam satu ruangan.


Setelah semuanya berkumpul, inilah moment dimana acara pengumuman kelulusan diinformasikan. Sebelumnya ada prosesi sambutan terlebih dahulu oleh ibu Inung kepada seluruh siswa. Selain itu ibu Inung juga memberikan motivasi kepada seluruh siswa kedepannya.

Ada pun moment dimana saling maaf memaafkan mengingat mungkin ada hal yang tidak disengaja kesalahan kesalahan dalam proses pelatihan atau selama belajar.


Pengumuman pun dimulai, ternyata para peserta atau siswa pelatihan tidak 100% lulus. Ada 2 (dua) siswa yang tidak lulus dari 75 siswa. Keduanya ini justru dari siswa putri, hal ini sangat disayangkan karena biasanya perempuan lebih tekun dan teliti ketimbang laki laki. Dan untuk siswa laki laki lulus semuanya.

Dan untuk hasil uji kompetensi nasional praktek menjahit / membuat kulot ada 3 orang terbaik dan 3 orang terjelek. Dan semuanya itu sudah dibawa ke Jakarta oleh tim penguji. Untuk hasil praktek terbaik itu ada dari mas Luput, mas Sahruri dan satu orang lagi. Dan untuk hasil praktek terjelek tidak disebutkan sebagai privasi.


Setelah pengumuman terkait uji kompetensi nasional ini, kemudian hasil praktek pun dibagikan kembali kepada masing masing peserta. Selain itu para siswa juga mendapatkan uang transport / bonus selama mengikuti pelatihan yaitu sebesar Rp 200.000,- (dua ratus ribu rupiah) sebagai bentuk apresiasi dari pemerintah.

Kemudian nantinya akan dibagikan juga sertifikat menjahit kepada seluruh siswa. Ada dua macam sertifikat yaitu sertifikat dari lpk dan sertifikat dari pemerintah (nasional). Bagi yang tidak lulus hanya menerima sertifikat dari lpk saja.

Untuk penyaluran kerja yaitu untuk cowok disalurkan ke pt Sumbiri / Sumber Bintang Rejeki Semarang dan untuk siswa cewek disalurkan ke Pt Sun Chang Purbalingga serta Pt Mahesa Purbalingga yang bergerak di bidang wig.


Demikian informasi mengenai acara pengumuman kelulusan, pembukaan dan penutupan pelatihan menjahit gelombang satu tahun 2019 periode Juli 2019 hingga Agustus 2019 berakhir september 2019. Semoga bermanfaat dan bisa kita kenang suatu saat nanti.

Kkhtop Artikel :
lpk kartikagama kartika gama bancar purbalingga 2019, ujian uji kompetensi nasional tata busana menjahit jahit taylor, pengumuman lulus kelulusan siswa lpk kartika gama gelombang satu 2019, pembukaan dan penutupan pelatihan menjahit lpk kartika gama pbg, kkhtop
Tags

Post a Comment

1Comments

Jika ada yang ingin disampaikan silahkan tulis komentar anda dengan bahasa yang sopan dan baik , admin berhak menghapus komentar yang tidak sesuai.

Post a Comment